UNTUK KEMAMPUAN BAHASA INGGRIS SISWA ANDA
Beginner hingga Advanced
Usia Dini hingga Kalangan Profesional
Bahasa adalah keahlian
Belajar bahasa,sama halnya dengan belajar memainkan alat musik, membutuhkan latihan. Latihan yang efektif akan menghasilkan ingatan terhadap bahasa tersebut. Dyned menyediakan dan memonitor latihan tersebut.
Program Dyned yang telah meraih berbagai penghargaan ini didasarkan oleh:
- Pengalaman proses belajar mengajar di kelas yang luas
- Penelitian terkini tentang cara belajar
- Pengumpulan data dan analisis lebih dari 20 tahun di bidang pembelajaran bahasa berbasis komputer.
Terdapat perbedaan signifikan antara pengajaran konvensional yang berbasis buku pelajaran dengan dengan metode pengajaran yang berbasis ‘mendengarkan’ yang didukung bentuk visual yang merupakan konsep dasar dari Recursive Hierarchical Recognition (RHR) DynEd.
Recursive Hierarchical Recognition (RHR)
Dikembangkan oleh penemu Dyned, Lance Knowles, terobosan pendekatan pembelajaran bahasa ini berkaitan dengan bagaimana otak manusia berkembang untuk mencari, mengenali, dan menggunakan suatu pola bahasa. Pembelajaran dilakukan dengan cara-cara yang berbeda, mengikat struktur memori otak dengan cara yang bentuk linier tidak bisa lakukan.
Blended Learning
Program blended learning milik Dyned menggabungkan pembelajaran di dalam kelas dengan latihan di komputer. Laporan belajar yang detil akan membantu pendidik mengikuti kemajuan setiap siswanya. Kegiatan yang berkelanjutan membantu pendidik untuk mengatur bahan ajar dan sesi kelas yang sesuai untuk siswa.
Interaktif
Pelajar diharapkan aktif menggunakan program tatapmuka berbasis waktu yang disediakan Dyned. Dalam suatu pelajaran, murid dapat kembali ke bagian sebelumnya ataupun bagian selanjutnya, mengulang kalimat atau frase sesering mungkin, merekam dan memperhatikan suara mereka dan melihat gambar yang jelas yang dapat membantu memahami materi.
Selain itu siswa bisa dengan leluasa menguji tingkat pemahaman mereka dengan menyelesaikan tugas pada sesi mendengar atau soal tugas lainnya yang ada pada setiap pelajaran dan bahkan memungkinkan mengubah tema dari presentasi melalui mekanisme acak Dyned yang telah dipatenkan.
Cakupan dan Tahapan
Pada pembelajaran berbasis komputer ini, penyajian bahasa memanfaatkan cara otak manusia terorganisir. Tidak ada penyedia layanan yang menggunakan perangkat pembelajaran bahasa inggris lain yang telah mengembangkan pendekatan ini. tersedia berbagai program sesuai dengan usia dan tingkat kemahiran
First English
Untuk siswa dengan tingkat kemahiran Basic
Kemampuan siswa pada tingkat Basic dapat menggunakan program English First untuk mengembangkan ketrampilan awal bahasa Inggrisnya.
English for Success
Untuk siswa dengan tingkat kemahiran Basic hingga Intermediate
- Digunakan untuk siswa yang menggunakan bahasa inggris selama proses belajar di sekolah.
- Berisi materi pelajaran yang diajarkan seperti matematika, pengetahuan alam, geografi, dan sejarah
- Mengajarkan cara melakukan presentasi, memberi penjelasan, bertanya, mengerjakan tugas dan ujian
- Setiap siswa akan diuji diakhir setiap unit pembelajaran
Setiap unit memiliki 5 tipe soal, yaitu pendahuluan (warm-up), kehidupan di sekolah (school life), pelajaran sekolah (school subject), bahasa tambahan, dan berbicara (speaking up). Kosa kata utama dan tata bahasa akan diperkenalkan dan terus digunakan secara berulang-ulang.
Fitur:
- Mata pelajaran dan situasi di sekolah
- Tahapan pembelajaran secara sistematis untuk pengembangan kemampuan dasar bahasa Inggris siswa
- Penambahan materi untuk peningkatan penampilan siswa
- Latihan dengan rekam suara dan speech recognition
- Ujian penempatan (placement test) dan pengayaan (mastery test)
- Panduan untuk guru dengan rekomendasi pengajaran saat di kelas dan pemberian tugas
E-lective
(pilihan pelajaran secara online) mempercepat kemajuan akademik peserta didik bahasa Inggris
Untuk siswa dengan tingkat kemahiran Intermediate hingga Advanced
“e-lective membuat bacaan bisa dipahami, dan menunjang siswa untuk mengingat istilah akademik yang ada di bacaan tersebut.” Dr. Jim Cummins, Universitas Toronto
E-lective didesain dan dikembangkan oleh Sotirios Chascas dan Jim Cummins, salah satu ahli literasi dan pendidikan bilingual di dunia.
Semua bacaan dalam bentuk digital dapat dengan mudah dimasukkan ke dalam e-lective dengan fitur drag-and-drop (tarik dan letakkan). E-lective menciptakan kondisi ‘tanggap digital’ yang menunjang siswa dalam membaca bacaan yang sebelumnya tidak mereka pahami. Siswa tidak hanya membaca secara sepintas tetapi juga belajar cara menafsirkan makna dan arti bacaan tersebut. Dengan mode menulis, tercipta sebuah kondisi yang dapat menunjang ketrampilan menulis siswa dalam merespon bacaan yang telah dibaca.
E-lective membantu siswa untuk:
- Mengembangkan ketrampilan membaca dan menulis mereka
- Meningkatkan penguasaan kosakata
- Memudahkan akses belajar materi yang sama dengan yang digunakan di sekolah umum dan kejuruan
Fitur:
- Mode untuk guru dan murid
- Kamus elektronik
- Digitized speech untuk mendukung pembelajaran ‘mendengar’
- Alat latihan bahasa
- Materi bacaan dengan contoh yang berjenjang
- Mode untuk membaca dan menulis
- Mode latihan dan ujian
- Daftar kosakata pribadi
- Bacaan yang otomatis terklasifikasi sesuai tingkat kesulitan
Records Manager
Records Manager DynEd merekam dan mengawasi aktivitas belajar baik di kelas maupun individu. Sistem ini menyediakan informasi lengkap mengenai aktivitas yang sudah dilakukan peserta didik termasuk skor dan akan mengevaluasi seberapa efektif peserta didik menggunakan waktu belajarnya. Memiliki aplikasi Intellegent Tutor yang memberikan umpan balik terhadap apa yang sudah dilakukan peserta didik sehingga dapat mempengaruhi cara peserta didik belajar agar lebih efisien. Catatan hasil belajar dapat dicetak atau dimasukkan ke dalam sistem data apabila dibutuhkan.
DynEd Testing
Placement Tests
Uji penempatan yang berbasis komputer dan terdiri dari berbagai variabel untuk menempatkan peserta didik pada tingkatan yang tepat sesuai dengan jalur pengembangan keterampilan DynEd. Uji penempatan ini memberikan gambaran secara jelas dan terukur sehingga membantu pendidik untuk mengukur kemajuan peserta didik.
Speaking Tests
Untuk mengevaluasi kemahiran penggunaan bahasa Inggris lisan, DynEd mengembangkan Uji Kemampuan Berbicara yang menggunakan speech recognition untuk mengukur kemampuan memahami kata berdasarkan penggunaannya (language chunking) dan kemampuan merespon dengan cepat.
Mastery Test
Tersedia pada seluruh program pembelajaran DynEd yang didesain untuk mengukur perkembangan peserta didik dan pemahaman mereka atas materi yang diberikan, membantu pendidik untuk mengatur kemajuan peserta didik dengan menggunakan parameter terukur.
Clear Speech Works
Berbicara dalam bahasa Inggris dengan jelas dan percaya diri bersama Clear Speech Works. Program yang telah memenangkan penghargaan ini didasarkan pada strategi instruksional dan teknik yang dikembangkan oleh professor Patologi dari Boston's Notheastern University.
Clear Speech Works fokus pada berbagai penekanan pengucapan yang terdiri dari 5.000 contoh kata, kalimat dan kosakata untuk berlatih dan direkam. Tutorial multimedia menawarkan berbagai saran mengenai cara pelafalan dan tampilan facial close up akan mengajarkan peserta didik cara yang tepat dalam melafalkan kata.
DynEd Reports
Study Path Manager
Study Path Manager DynEd secara terus-menerus memonitor perkembangan peserta didik dan secara otomatis membuka materi atau pelajaran baru ketika peserta didik telah siap.
Progress Manager
Progress Manager membuat laporan hasil belajar di kelas maupun secara perorangan hanya dengan sekali klik. Pendidik dapat memantau proses belajar peserta didik melalui frekuensi belajar dan durasi pengerjaan tugas pada bagan Progress Manager. Progress Manager juga menunjukkan hal apa saja yang harus dilakukan untuk mencapai target pembelajaran.
Artikel Terkait: