Tentang DynEd
Brain-Based Approach
Terdapat perbedaan signifikan antara pengajaran konvensional yang berfokus pada bacaan dengan pengajaran yang berbasis ‘mendengarkan’ dan ‘melihat gambar’ yang merupakan konsep dasar dari Recursive Hierarchical Recognition (RHR) DynEd.
Recursive Hierarchical Recognition (RHR)
Dikembangkan oleh pendiri DynEd, Lance Knowles, merupakan metode bagaimana otak manusia berkembang untuk mencari, mengenali dan menggunakan pola bahasa. Proses pembelajaran yang terjadi melalui pengulangan, menggunakan struktur hirarki memori otak yang tidak dapat dilakukan oleh metode pembelajaran yang sudah ada.
Blended Learning
DynEd menggabungkan pengajaran langsung dalam kelas dengan latihan menggunakan komputer. Laporan hasil pembelajaran yang menyeluruh membantu pengajar untuk memantau perkembangan peserta didiknya.
Interaktif
Peserta didik diajak untuk aktif dengan menggunakan DynEd. Dalam satu pelajaran, peserta didik dapat mengulangi sebuah kalimat atau frasa sesuai kebutuhan, merekam dan mendengarkan suaranya serta memanfaatkan tampilan DynEd yang menarik untuk membantu pemahamannya. Tingkat kemampuan bahasa peserta didik akan terus diukur melalui tugas-tugas yang diselesaikan dan tugas-tugas tersebut dinilai menggunakan mekanisme “shuffler” yang telah dipatenkan DynEd. Semua aktivitas selalu dipantau untuk memastikan efektivitas belajar, tidak hanya saat mengerjakan tugas tapi juga saat proses pembelajaran.
Cakupan dan Tahapan
Dalam DynEd, pengunaan bahasa memanfaatkan struktur hirarki memori otak manusia dimana terdapat berbagai tingkatan yang harus diikuti.
Basic - Advanced
New Dynamic English - General English
New Dynamic English, merupakan program pembelajaran bahasa Inggris yang mendasar untuk tingkat remaja dan dewasa. Didesain untuk meningkatkan kemampuan secara struktural dan konseptual dengan menitikberatkan pada penguasaan bahasa yang sering digunakan dan kosakata serta istilah baru. Terdiri dari 8 modul dengan lebih dari 200 jam waktu untuk belajar dan latihan, New Dynamic English memiliki silabus yang dibuat dengan penuh ketelitian agar peserta didik memiliki percaya diri dengan ketrampilan bahasa Inggris yang dimilikinya.
Tersedia berbagai jenis latihan dan aktivitas pendukung termasuk untuk melatih berbicara dengan menggunakan DynEd Speech Recognition sehingga menjadikan program ini menarik, efisien dan efektif.
Dengan latihan setiap hari, peserta didik akan mengembangkan:
- Cara pelafalan kata dan penggunaan bahasa Inggris lisan
- Pemahaman dalam mendengar dan membaca
- Penguasaan struktur kalimat dan penyampaian ide secara efektif
- Keterampilan presentasi dan membuat rangkuman
- Kemampuan mengekspresikan ide dan kaitan antar ide yang bersifat abstrak
- Kemampuan bahasa Inggris untuk memenuhi standar di dunia kerja dan akademik
Fitur:
Basic - High Intermediate
English for Success-Academic English
Ditujukan bagi siswa yang ingin menggunakan bahasa Inggris di lingkungan akademik, mulai dari sekolah menengah hingga tingkat universitas. 10 modul baru telah ditambahkan untuk menambahkan materi yang bertema akademik.
English for Succes mengembangkan bahasa Inggris tentang pengetahuan yang telah dipelajari siswa di sekolah seperti Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam, Sejarah dan Geografi. Hal ini bertujuan agar siswa dapat menguasai kosakata yang sering digunakan dalam pelajaran tersebut. English for Success juga mengajarkan bahasa yang digunakan dalam aktifitas belajar seperti saat presentasi, proses belajar mengajar di kelas, mengerjakan pekerjaan rumah dan ujian dengan tema-tema yang menarik untuk siswa.
Setiap modul memiliki 5 jenis pembelajaran yaitu Warm-up, School Life, School Subjects, Language Extension dan Speaking Up. Kosakata dan tata bahasa yang dianggap penting akan diperkenalkan kepada siswa dan selalu digunakan selama pembelajaran.
Fitur:
-
School subjects and school situations
-
Scope and sequence systematically develops key language concepts
-
Content adjusts to student performance
-
Voice Record and Speech Recognition exercises
-
Placement and Mastery Tests
-
Teacher's Guide with classroom suggestions and worksheets
Intermediate
The Lost Secret – berbasis video
Pembelajaran bahasa Inggris berbasis video ini mencakup drama misteri yang diperankan aktor ternama dan diproduksi oleh BBC. The Lost Secret merupakan pembelajaran untuk mendengar dan berbicara dengan cara memainkan peran (role-playing) yang ada dalam video tersebut. Metode ini membantu peserta didik belajar mengantisipasi percakapan yang akan terjadi selanjutnya sekaligus untuk mempelajari kalimat baru dan meningkatkan kemampuan bahasa Inggris lisan.
Persiapan Tes – Upper Intermediate
Test Mountain
Merupakan persiapan tes yang didesain untuk peserta didik yang telah memiliki dasar yang baik dalam bahasa Inggris. Digunakan secara bersamaan dengan pembelajaran DynEd lainnya, peserta didik dapat mengembangkan strategi untuk mengerjakan tes sembari mengembangkan keterampilan mendengarkan, memperbanyak kosakata dan tata bahasa serta pemahaman dalam membaca.
Intermediate - Advance
Dynamic Business English
Dynamic Business English membangun keterampilan bahasa Inggris untuk kemampuan presentasi, wawancara, rapat dan penyampaian informasi secara akurat.
Terdiri dari 6 modul dengan focus pada tema-tema umum yang digunakan di dunia bisnis seperti sejarah perusahaan, rekam jejak karyawan, deskripsi pekerjaan, area tanggung jawab, perbandingan produk, proses pembuatan keputusan dan prediksi (forecasting).
Functioning in Business
Merupakan pembelajaran bahasa Inggris berbasis video dengan tujuan mempersiapkan peserta didik mampu menggunakan bahasa Inggris dalam berbagai kegiatan bisnis di dunia global. Program ini fokus pada penguasaan kosakata yang sering digunakan dalam dunia bisnis dan situasi dimana pengunaan bahasa Inggris menjadi hal yang sangat penting misalnya dalam hal menyampaikan pesanan, penolakan, saran, konfirmasi dan klarifikasi.
English by the Numbers
Menyiapkan peserta didik untuk mampu menyampaikan presentasi yang memuat angka, grafik dan bagan di dalamnya. Peserta didik dilatih mengembangkan kosakata terkait, belajar untuk bertanya dan menjawab pertanyaan mengenai angka, pecahan, desimal, hubungan kuantitatif, pengklafisikasian data dan prediksi peluang. Topik yang tersedia mencakup energi, kesehatan, keamanan dan yang terkait dengan pekerjaan.
e-Lective – pelengkap pembelajaran
Didesain oleh Dr. Jim Cummins, ahli terkemuka di bidang bahasa dan pendidikan. Alat pengajaran ini berfokus pada pengembangan kemampuan baca dan tulis, merupakan pelengkap untuk semua program Dyned. e-Lective membantu peserta didik mengembangkan ketrampilan baca dan tulisnya, meningkatkan penguasaan kosakata dan mendapatkan akses materi otentik yang umum digunakan di sekolah umum dan kejuruan.
e-Lective menciptakan lingkungan berbasis teknologi yang membantu peserta didik dapat memahami bacaan yang sering digunakan dalam dunia kerja atau akademik seperti petunjuk pelatihan, ketentuan atau peraturan yang berlaku atau buku bacaan sekolah. Peserta didik dapat memasukkan bacaan yang diinginkan ke dalam e-Lective untuk berlatih membaca, tidak hanya membaca secara sepintas peserta didik juga belajar untuk memahami dan menyimpulkan bacaan tersebut. Dalam dunia kerja, peserta didik dapat meningkatkan produktivitas, fleksibilitas dan kenyamanan dalam bekerja apabila keterampilan membaca dan menulisnya meningkat.
Fitur:
- Teacher Mode and Student Mode
- Electronic Dictionary Support
- Digitized Speech for Listening Support
- Language Exercise Generators
- Sample Graded Reading Materials
- Reading and Writing Modes
- Practice and Test Modes
- Individualized Vocabulary Lists
- Automatic Text Difficulty Classification
- Didukung oleh Record Manager DynEd
Dr. Jim Cummins, University of Toronto
“e-Lective makes the meaning of texts comprehensible. It supports students in harvesting the academic language of these texts.”
Advance
Advance Listening
Merupakan program pembelajaran untuk ketrampilan mendengarkan untuk peserta didik ESL (English as a Second Language) pada tingkat Advance. Metode ini secara spesifik mengembangkan ketrampilan mendengarkan dan mencatat saat mendengarkan bagi mereka yang ingin sukses di dunia akademik dan kerja.
Menggunakan rekaman video yang berasal dari kelas-kelas di Stanford University yang dibawakan oleh professor terkemuka, menyajikan suasana akademik yang nyata bagi peserta didik.
9 topik pengajaran mencakup:
- “Gen dan Terapi Gen”
- “Perekonomian Cina”
- “Geologi Gunung Api”
- “Prinsip-Prinsip Kedokteran Anak”
- “Wanita dan Pembaruan Sosial”
Manfaat:
- Mengembangkan ketrampilan mencatat saat mendengarkan.
- Mampu mengidentifikasi dan menemukan ide pokok, idiom dan kosakata
- Meningkatkan kemampuan mendengarkan dan pemahaman tata bahasa
- Memaksimalkan prestasi peserta didik di dalam kelas
- Mudah diintegrasikan di dalam kelas
Dialogue
Dialogue menggunakan program televisi berupa diskusi dengan ahli dari berbagai negara mengenai topik umum sebagai dasar untuk latihan mendengarkan. Program untuk peserta didik yang sudah memiliki kemampuan bahasa Inggris ini akan membantu meningkatkan kemampuan dalam hal mendengarkan pelajaran di universitas, diskusi kelompok, berpartisipasi dalam konferensi atau melakukan presentasi bisnis.
Dengan latihan setiap hari, peserta didik dapat mengembangkan:
- Cara pelafalan kata dan penguasaan bahasa Inggris lisan
- Pemahaman dalam mendengarkan dan membaca
- Keterampilan presentasi dan membuat rangkuman
- Kemampuan untuk mengekspresikan ide dan menghubungkan antar ide yang bersifat abstrak
- Pengenalan berbagai macam budaya
Fasilitas Pendukung
Records Manager
Records Manager DynEd merekam dan mengawasi aktivitas belajar baik di kelas maupun individu. Sistem ini menyediakan informasi lengkap mengenai aktivitas yang sudah dilakukan peserta didik termasuk skor dan akan mengevaluasi seberapa efektif peserta didik menggunakan waktu belajarnya. Memiliki aplikasi Intellegent Tutor yang memberikan umpan balik terhadap apa yang sudah dilakukan peserta didik sehingga dapat mempengaruhi cara peserta didik belajar agar lebih efisien. Catatan hasil belajar dapat dicetak atau dimasukkan ke dalam sistem data apabila dibutuhkan.
DynEd Testing
Placement Tests
Uji penempatan yang berbasis komputer dan terdiri dari berbagai variabel untuk menempatkan peserta didik pada tingkatan yang tepat sesuai dengan jalur pengembangan keterampilan DynEd. Uji penempatan ini memberikan gambaran secara jelas dan terukur sehingga membantu pendidik untuk mengukur kemajuan peserta didik.
Speaking Tests
Untuk mengevaluasi kemahiran penggunaan bahasa Inggris lisan, DynEd mengembangkan Uji Kemampuan Berbicara yang menggunakan speech recognition untuk mengukur kemampuan memahami kata berdasarkan penggunaannya (language chunking) dan kemampuan merespon dengan cepat.
Mastery Test
Tersedia pada seluruh program pembelajaran DynEd yang didesain untuk mengukur perkembangan peserta didik dan pemahaman mereka atas materi yang diberikan, membantu pendidik untuk mengatur kemajuan peserta didik dengan menggunakan parameter terukur.
Clear Speech Works
Berbicara dalam bahasa Inggris dengan jelas dan percaya diri bersama Clear Speech Works. Program yang telah memenangkan penghargaan ini didasarkan pada strategi instruksional dan teknik yang dikembangkan oleh professor Patologi dari Boston's Notheastern University.
Clear Speech Works fokus pada berbagai penekanan pengucapan yang terdiri dari 5.000 contoh kata, kalimat dan kosakata untuk berlatih dan direkam. Tutorial multimedia menawarkan berbagai saran mengenai cara pelafalan dan tampilan facial close up akan mengajarkan peserta didik cara yang tepat dalam melafalkan kata.
DynEd Reports
Study Path Manager
Study Path Manager DynEd secara terus-menerus memonitor perkembangan peserta didik dan secara otomatis membuka materi atau pelajaran baru ketika peserta didik telah siap.
Progress Manager
Progress Manager membuat laporan hasil belajar di kelas maupun secara perorangan hanya dengan sekali klik. Pendidik dapat memantau proses belajar peserta didik melalui frekuensi belajar dan durasi pengerjaan tugas pada bagan Progress Manager. Progress Manager juga menunjukkan hal apa saja yang harus dilakukan untuk mencapai target pembelajaran.